Rabu, 29 Februari 2012

Lesson: Procurement

  1. Jelaskan proses production
1)      Order
2)      Machine
3)      Order release
4)      Order printing
5)      Material staging
6)      Order execution
7)      Confirmations
8)      Good receipts
  1. Bagaimana mySAP ERP membantu perusahaan mengelola produksinya?
With support for all manufacturing strategies for business in the discrete process and customer products industries, mySAP ERP helps enterprise manage the full range of manufacturing activities, from planning to execution and analysis, in a single, end-to-end system.
Kanban adalah sebuah konsep yang biasa digunakan untuk memperoleh sebuah system produksi yang lean dan JIT (Just In Time). Cara kerja dari kanban ini adalah memberikan sinyal kepada system untuk melakukan tindakan. Sinyal yang diberikan tersebut adalah informasi mengenai jenis item, waktu penggunaannyaa, dan seberapa banyak yang akan dip roses. Alat yang digunakan untuk memberikan sinyal tidak harus menggunakan kartu, tetapi dapat juga menggunakan alat yang lain, seperti bola ping-pong, kotak, computer, lokasi, dll.
  1. Jelaskan Just in Time dan Kanban metodology (cari di sumber lainnya ya)
       Sistem produksi tepat waktu (Just In Time) adalah sistem produksi atau sistem manajemen fabrikasi modern yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan Jepang yang pada prinsipnya hanya memproduksi jenis-jenis barang yang diminta sejumlah yang diperlukan dan pada saat dibutuhkan oleh konsumen.
  1. Gambarkan proses produksi (delapan tahap)  
    1. Order Creation, pembuatan pesanan
    2. Machine occupancy, kemampuan mesin untuk memproduksi
    3. Order realse,
    4. Order printing
    5. Material staging
    6. Order execution
    7. Confirmations
    8. Good receipts

            5. Multiple forecasting models and strategies:

        Dapat membantu Anda dalam membuat pilihan terbaik. Model dipilih melalui sistem, sementara mySAP ERP terus memeriksa validitas model.

          6. Sales operation demand:
        Menghasilkan rencana penjualan dan atau rencana produksi menggunakan nilai perkiraan dan persyaratan dari sistem informasi penjualan dan biaya analisis / profitabilitas sebagai masukan untuk menentukan persyaratan.

7. Demand managemen

   Menghubungkan fungsi peramalan dengan penjadwalan produksi.

8. Master Production scheduling (MPS)

    Memungkinkan sumber daya yang  kritis harus untuk direncanakan dengan perhatian ekstra. MPS merupakan langkah opsional dalam proses perencanaan.

9. Materials Requirements Planning (MRP)

     Perencanaan yng detail(rinci) atau jadwal pengisian untuk komponen yang diperlukan. Output MRP: salah satu pesanan terencana atau permintaan pembelian.

10. Sales operation planning

        Menghasilkan rencana penjualan dan atau rencana produksi menggunakan nilai perkiraan dan persyaratan dari sistem informasi penjualan dan biaya analisis / profitabilitas sebagai masukan untuk menentukan persyaratan.

11. Demand management

         Fungsi terhubung dengan penjadwalan produksi. Persyaratan jumlah dan tanggal untuk produk jadi dan rakitan berdasarkan rencana dari SOP yang ditentukan.

12. Master production scheduling

         Sumber daya kritis atau item tingkat atas harus direncanakan dengan perhatian ekstra. Prosedur ini memastikan bahwa ketidakstabilan dalam perencanaan dijaga agar tetap minimum. MPS dalam langkah opsional dalam proses perencanaan.

13.  Materials Requirements Planning (MRP)

    Perencanaan yng detail(rinci) atau jadwal pengisian untuk komponen yang diperlukan.Output MRP: salah satu pesanan terencana atau permintaan pembelian.

14. Manufacturing execution

    Meliputi beberapa langkah: penciptaan dan pelepasan tatanan produksi, masalah barang komponen, konfirmasi aktivitas produksi, dan penerimaan yang baik dari barang jadi.

15. Order settlement

      Alokasi biaya dari urutan produksi ke obyek lain. contoh: penjualan, pemesanan).

16. Sales and operationing planning

       Menghasilkan rencana penjualan dan atau rencana produksi menggunakan nilai perkiraan dan persyaratan dari sistem informasi penjualan dan biaya analisis / profitabilitas sebagai masukan untuk menentukan persyaratan.

18. Production order

   Objek data sentral dalam pengendalian toko dan eksekusi manufaktur.

19. Proses production order: 

    1) Creation and release of a production order,
    2) Goods issues of components,
    3) Confirmation of production activity,
    4) Goods receipt of the finished goods.

20.  Creation and release of a production order
     
      Penciptaan dan pelepasan tatanan produksi.

21.  Goods issues of components:
    Barang komponen.
22.  Confirmation of production activity

 Konfirmasi kegiatan produksi. 

23.  Goods receipt of the finished goods

Barang penerimaan barang jadi.

25. Graphic planning table

  mendapatkan gambaran dari perintah jangka pendek Anda dan melepaskan pesanan produksi.

26. Order confirmation

Mencatat konfirmasi pemesanan. 

27. Yang dicatat di order confirmation

     kuantitas yang dihasilkan oleh operasi, personil, tanggal produksi, pergerakan barang dan jumlah kehadiran dalam kegiatan.

28. Manfaat dari order confirmation

    Konfirmasi dapat mengurangi kapasitas pada pusat kerja, biaya update, dan / atau secara otomatis memicu GR dari barang-barang manufaktur.


29. Types of completion confirmation

    mengumpulkan data penting, seperti jumlah yang diproduksi, memo, waktu produksi, dan tanggal penyelesaian. kapasitas beban dan mengumpulkan data untuk mengendalikan biaya produksi.  

30. Milestone completion confirmation


  Sistem menegaskan semua operasi sebelumnya, termasuk sub-operasi, sampai dengan tonggak sebelumnya.

31. Standard completion confirmation


Operasi ini dikonfirmasi menggunakan nilai target.

32. Normal completion confirmation


  Melakukan konfirmasi penyelesaian individu, melihat nilai target itu sebagai default. Sistem memungkinkan Anda untuk menimpa semua nilai input sehingga Anda dapat melaporkan variasi dalam proses produksi.

33. Collective completion confirmation


    sistem akan menampilkan layar entri cepat di mana Anda dapat memasukkan beberapa operasi untuk mengkonfirmasi.

34. Completion confirmations at order header level


    Agar dapat dikonfirmasikan pada level order header, yang dapat mendorong Backflush otomatis konsumsi bahan untuk semua operasi, jika memilih demikian.

35. Good receipt


   Untuk saham dapat secara otomatis diposting ketika mengkonfirmasi operasi terakhir dalam urutan produksi.

36. Settlement


   Menjelaskan bahwa penyelesaian order produksi berarti biaya aktual yang dikeluarkan untuk pesanan diselesaikan dengan satu atau lebih objek penerima biaya

Lesson: System-Wide Concepts

1.Jelaskan yang dimaksud dengan Organizational elements dan tujuannya
struktur perusahaan perusahaan dipetakan ke aplikasi SAP menggunakan elemen organisasi


2.Jelaskan yang dimaksud dengan Master data dan tujuannya
Data master adalah data yang dibuat terpusat dan tersedia untuk semua aplikasi dan semua pengguna resmi,masterdata juga memiliki aspek organisasi karena informasi yang diatur dalam pandangan yang yang ditugaskan elemen organisasi.
3.Jelaskan yang dimaksud dengan Transaction dan tujuannya
Transaksi adalah aplikasi program yang mengeksekusi proses bisnis dalam sistem SAP. Contohnya termasuk membuat sales order, mengubah master pelanggan, atau menampilkan laporan daftar order penjualan itu.

4. Sebutkan unsur-unsur dari organizational element
 Klien
 Kode perusahaan
 Tanaman
 Lokasi penyimpanan
 Organisasi penjualan
 Saluran distribusi
 Unit organisasi
 Posisi

5. Jelaskan yang dimaksud dengan client
Klien adalah unsur tingkat tertinggi dari semua elemen organisasi Ini merupakan grup perusahaan / kantor pusat.

6. Jelaskan yang dimaksud dengan Company code
Kode perusahaan merupakan unit akuntansi hukum mewakili pusat organisasi elemen akuntansi keuangan Kode perusahaan juga merupakan hukum pajak (nasional) view perusahaan, kalender fiskal, mata uang lokal dan persyaratan pelaporan pajak.

7. Jelaskan yang dimaksud dengan Plant
Tanaman dapat memproduksi produk, mendistribusikan produk, atau menyediakan layanan, yang merupakan unit organisasi sentra produksi.

8. Jelaskan yang dimaksud dengan Storage location
Bahan saham dalam manajemen persediaan dapat dibedakan dalam satu tanaman menurut lokasi penyimpanan.

9. Jelaskan yang dimaksud dengan Sales organization
organisasi penjualan adalah elemen organisasi sentral dalam manajemen pesanan penjualan yang mengontrol persyaratan penjualan kepada pelanggan

10. Jelaskan yang dimaksud dengan Distribution channel
Saluran distribusi dapat digunakan untuk menentukan bagaimana produk yang berbeda menjangkau konsumen, misalnya: grosir.
11. Jelaskan yang dimaksud dengan Organizational unit
Unit organisasi menggambarkan berbagai unit bisnis yang ada di perusahaan. Seringkali unit secara longgar didefinisikan sebagai departemen fungsional atau regional.

12. Jelaskan yang dimaksud dengan Position
Posisi adalah tugas individu karyawan dalam perusahaan

13. Jelaskan yang dimaksud dengan IDES
IDE (International Demonstrasi dan Sistem Pendidikan) adalah sebuah perusahaan internasional tergantung pada kolaborasi dengan mitra bisnis eksternal pandangan global.
Sebagai perusahaan model,
IDE memiliki banyak cabang bisnis dan anak cabang tertentu, proses bisnis sepenuhnya mengatur dan mencakup semua bidang utama, seperti pembelian, penjualan, pemasaran dan manufaktur
Skenario untuk IDE ini menjelaskan secara detail
sebagai sebuah perusahaan internasional, IDE memiliki kepemilikan beberapa
dan membutuhkan kemampuan untuk melaporkan kepada pemegang saham pada
tujuan internasional basis Manajemen selama tahun depan adalah meningkatkan keuntungan. Biaya laporan analisis, laporan manajemen kas, dan laporan biaya overhead yang akan diambil ke sistem intelijen bisnis untuk tinjauan manajemen.

14. Hubungan master data dengan aplikasi yang ada di SAP
Di SAP, master data dibuat secara terpusat dan tersedia untuk semua aplikasi dan semua pengguna yang berwenang. Master data terpusat disimpan berarti rekaman data selalu konsisten, terkini, dan bebas dari redundansi. Master data juga memiliki aspek organisasi karena informasi yang diorganisasikan ke dalam pandangan yang ditugaskan untuk elemen organisasi.
Mengintegrasikan semua data yang sesuai (seperti pelanggan atau materi) ke dalam satu objek database tunggal berarti bahwa masalah redundansi data tidak masalah dan integritas data ditingkatkan. Semua daerah dapat menggunakan data yang disimpan, termasuk penjualan, pembelian, manajemen persediaan, perencanaan material, verifikasi tagihan, keuangan, dan sumber daya manusia.

15. Sifat master data
Master data terpusat disimpan berarti rekaman data selalu konsisten, terkini, dan bebas dari redundansi. Master data juga memiliki aspek organisasi karena informasi yang diorganisasikan ke dalam pandangan yang ditugaskan untuk elemen organisasi.

16. Sebutkan data yang disimpan dalam master data
Semua daerah dapat menggunakan data yang disimpan, termasuk penjualan, pembelian, manajemen persediaan, perencanaan material, verifikasi tagihan, keuangan, dan sumber daya manusia.

17. Jelaskan isi dari customer master data
Sebuah master pelanggan berisi informasi kunci yang mendefinisikan hubungan bisnis antara perusahaan dan pelanggannya. Perusahaan data kode mengontrol prosedur posting dan pengolahan selanjutnya, seperti pembayaran dan Dunning. Penjualan data-data perusahaan yang menyediakan informasi pelanggan untuk eksekusi mendukung proses bisnis seperti memasukkan pesanan penjualan, pengiriman, penagihan, dan pemrosesan pembayaran.



18. Jelaskan tiga struktur dalam customer master
1. Data Umum: Data ini juga relevan untuk setiap kode perusahaan dan setiap organisasi penjualan dalam perusahaan.
2. Data Kode Perusahaan: Data ini mencerminkan perjanjian perusahaan spesifik dengan pelanggan.
3. Data Penjualan: Data ini memiliki karakteristik yang berbeda untuk organisasi penjualan perusahaan dan saluran.
19. Jelaskan material master
Master materi berisi semua informasi penting perusahaan perlu untuk mengelola bahan dalam organisasinya. Master bahan mendefinisikan, antara lain, bagaimana sebuah produk dijual, diproduksi, dibeli, diinventarisasi, dicatat, dan dihitung biayanya. Informasi dalam master materi dikelompokkan menjadi pandangan yang diselenggarakan oleh fungsi bisnis.
20. Jelaskan personnel file
Personil file data master catatan digunakan terutama mySAP ERP pengelolaan modal Manusia. Ini catatan master mengikuti dasar yang sama tiga bagian struktur, seperti halnya catatan master lainnya.
Unsur-unsur organisasi yang digunakan oleh mySAP HCM adalah unik dan, sebagai kelompok, mereka disebut sebagai Manajemen Organisasi.
21. Jelaskan isi dari personnel file
Fungsi Manajemen Organisasi memungkinkan Anda untuk dengan cepat dan efisien memetakan struktur saat Anda oragnizational dan pelaporan dengan objek organisasinya - unit organisasi, pekerjaan, posisi, dan tugas.

22. Jelaskan yang dimaksud dengan organizational unit
menggambarkan berbagai unit bisnis yang ada di perusahaan Anda. Beberapa unit organisasi dan hubungan mereka membentuk struktur organisasi. Unit organisasi dapat secara bebas didefinisikan sebagai département fungsional atau regional, atau sebagai kelompok proyek, tergantung pada jenis organisasi.
23. Jelaskan yang dimaksud dengan Jobs
Lowongan Kerja sebagai deskripsi, atau template, yang berlaku untuk beberapa posisi dengan syarat-syarat serupa, tugas, atau karakteristik lainnya.

24. Jelaskan yang dimaksud dengan Positions
Posisi adalah tugas individu karyawan dalam perusahaan. Orang menempati posisi. posisi mewarisi karakteristik pekerjaan, tapi Anda juga dapat mendefinisikan karakteristik tambahan spesifik untuk posisi itu. .

25. Jelaskan yang dimaksud dengan Persons
Orang memegang posisi dalam struktur organisasi. Orang mewakili karyawan di perusahaan

26. Jelaskan yang dimaksud dengan transaction
Transaksi aplikasi program yang mengeksekusi proses bisnis dalam sistem SAP. Bila mungkin, data master disalin selama proses transaksi, sehingga menghindari masuk kembali data. misalnya ketika menjalankan transaksi. membuat sales order. pengguna harus masukkan nomor master pelanggan. salinan ini adalah semua informasi pelanggan yang relevan. juga, setelah nomor bahan master yang dimasukkan untuk item yang dipesan, data materi yang relevan akan disalin ke dalam urutan penjualan.

27. Bagaimana hubungan antara transaksi dengan dokumen
Ketika melakukan setiap transaksi, elemen organisasi yang berlaku harus dimasukkan, misalnya:Dengan menentukan informasi penjualan organisasi, kelompok penjualan yang tepat diberikan kredit untuk aktivitas penjualan sama, penunjukan pabrik, lokasi penyimpanan menentukan produk sourcing
Setiap kali transaksi dijalankan dalam sistem, dokumen dibuat. Bahwa dokumen, catatan data transaksi, berisi semua informasi yang telah ditetapkan relevan dari data master dan elemen organisasi.

Kamis, 23 Februari 2012

Lesson: Logging On and Personalizing Your User Interface

1. Apa itu SAP GUI
SAP GUI adalah program standar untuk mengakses hampir semua solusi SAP

2. Varian dari SAP GUI
varian ini semua grafis setara, tapi diadaptasi untuk digunakan dalam lingkungan yang berbeda
 
3. Bagaimana proses log on SAP
Step 1 : click on the shortcut icon SAP Log on from the desktop and the Log on pad will open
Step 2 : click on the Log on button
Step 3 : In the Initial Screen you have enter the Client code, Username, password and language if applicable.

4. Sebutkan tiga informasi yang dibutuhkan untuk melakukan Log on SAP
Client, Username, Password

5. Dua cara melakukan log on
using multiple logons or using multiple sessions

6. Perintah bila melakukan multiple Log on

7. Apakah bisa membuka lebih dari satu session dalam SAP ? caranya ?
Bisa. 

8. Apa pengaruh positif dan negatif dari membuka lebih dari satu session


9. Sebutkan lima cara untuk melakukan personalisasi user interface
  • change the layout of the SAP Easy Access screen
  • Track your input history to provide input help
  • Display status messages in a pop-up window instead of the status bar
  • Set preferences for how data displays
  • Adjust the color and behavior of the screens and fields

Navigation Lesson : Using Help

1. Berikan gambaran bentuk Help dalam SAP system
membantu pengguna SAP dalam pencarian definisi dengan menggunakan F1, dan untuk membantu dalam pencarian alternatif jawaban dengan menggunaka F4

2. Sebutkan cara melakukan Help
klik on Help icon at standard toolbar

3. Sebutkan 3 online help
Application help , SAP library, glossary, release notes, SAPnet, feedback, settings, F1, F4

4. Application help, SAP library, Glossary, Release Notes, SAPnet, Feedback, Setting
Application help : displays comprehensive help for the current application
SAP library : all online documentation can be found here
Glossary : you can search for definitions of terms in glossary
Release notes : this displays notes that describe functional changes thet occur between SAP sytem releases
SAPNet :
Feedback : enables you to send a massage to the SAPNet front-end, the SAPservice system
Setting : enable you to select setting for help

5. Penjelasan F1 , F4
- F1 : use F1 help on field , menus, fucntion, and massage. F1 help also provides technical information an the relevant field, icluding, for example, the parameter ID which you can use to assing values to field for your user

- F4 : use F4 for information about what values can be entered, you can access F4 help for sellected field using the button immediately to the right of that field, if input field are marked with a smal check mark icon, then you can only continue in that application by entering a primitted value

Introduction: Lesson : SAP : the company

1. Tahun berdiri SAP dan dimana ?
SAP berdiri pada tahun 1972 di Jerman

2. Pendiri
Hasso Plattner, Dietmar Hopp, Claus Wellenreuther, Klaus Tschira, and Hans-Werner Hektor

3. Singkatan SAP di awal
System Analysis and Program Development

4. Singkatan SAP sekarang
System, Application & Product in Data Processing

5. Menjelaskan konsep & sejarah ERP system
Pada tahun 1970an , SAP mengembangkan produk software yang dapat menangani proses data di waktu yang sebenarnya dan disimpan ke database pusat. Pada '80an, ERP menjadi standard software. Pesaing mulai terlihat di markerplace. Di '90an internet mulai tumbuh dengan cepat. Perusahaan baru mengembangkan aplikasi baru untuk internet dan "ekonomi baru" telah lahir. Dan pada 2000an E-Business didefinisikan sebagai perpanjangan ERP sofware. SAP menetapkan standar baru.

6. Jelaskan beda SAP sebagai solution dan sebagai aplikasi
Solution memiliki awalan mySAP dan aplikasi memiliki awalan SAP

7. Gambaran karyawan SAP
karyawan SAP memiliki informasi dan fungsi. Bekerja dengan cepat dan efisien. Karyawannya juga sangat bersahabat

8. An Exemplary corporate culture
New employees are introduced to the SAP world through special orientation event, trainee progras, and a mentoring concept that ensures each employee has practical guidance during this time. Since a team metality is highly valued at SAP, all employees can rely entirely on their colleagues

9. Achievement orientation , creativity , and innovation
The SAP culture offers a large amount of personal freedom. This freedom motivates an inspires employees to develop and realize their ideas creative and innovative concepts are always welcom whithin the team and news ideas are supported

10. Training through personal development
SAP employees know they need to be able to react flexibly to changes, and their knowledge always has to be up to date.

11. Contoh konsumen SAP
Nokia, Sony, e-on, Exon, Siemens

12. Portal SAP
Most of the information in this lesson is taken from SAP's Internet portal. For more information, visit www.sap.com. You can find information about the company and its products, service, and partners.

13. Social engagement
As the leading global provider of enterprise software SAP has a resposibility to ensure that its business processes are smooth and tranperent. Howaver SAP dose just have responsibilities to its customer and partners but also to society in general

14. Corporate citizenship
SAP would like to play its part in the creation of a prdoductive and transperent environmen that is benefit to everyone SAP promotes partnerships and cooperation with all social organizations that also respect this goal, and is actively engaged in social, scientific, and cultural activities

15. Regional engagement
“promote development-seize future opportunities thourgh innovation. “ under this motto, SAP supports organizations and institute in the local area of its branch offices

16. Government Relations
We take seriosly our responsibilities as competent partner an adviser, as a thought leader, and development leader. SAP therefore supports national an international programs that are customer-friendly, fair, reliable , and based on a market economy

17. Sport Sponsorship
 Speed, precision, and tangible result are reason behind SAP’s global leader ship ad provider of enterpries software

Navigation Lesson: Navigating in the SAP System

 
1. Gambarkan layout SAP Easy Access screen
The SAP Easy screen is default initial screen in SAP System. The left side of the screen contains a tree hierarchy of the menus available to you in the SAP system

2. Tiga cara navigasi untuk memulai transaksi
- command field
- menu bar
- menu toolbar

3. Beda antara SAP standard menu dengan role based menu
Menu standar SAP berisi daftar lengkap semua transaksi dan laporan yang tersedia oleh SAP.  Role based menu berisi kumpulan transaksi dan laporan yang terkait dengan peran yang diberikan pada user tersebut

4. Sebutkan menu standar dalam screen SAP

5. Bagian dari screen SAP yang menunjukan informasi umum dalam sistem SAP dan transaksi atau task yang
sedang dikerjakan
Status Bar

6. Sebutkan cara untuk mengakhiri atau menutup SAP dengan menuliskan pada command field
ketik /nend pada command file 

7. Jelaskan bagian-bagian : menu bar, standard tool bar, title bar, apllication tool bar, comman field, status bar, input field, check boxes, radio buttons, tab, transaction code, menus, favorite or user menu
Menu Bar :
- Feature
- Edit
- Goto
- Utilities
- Pview
- System
- Help

Standard toolbar :
- Enter
- Command field
- Save
- Back
- Exit
- Cancel
- Print
- Find
- Find Next
- First page
- Previous page
- Next Page
- Last page
- Customizing of Local layout
- Create shortcut
- Help
- Create Session

8. Cara mengetahui transaction code

9. T Code: /n, /nxxxx/, /o, /oxxxx, /nend, /nex, /i, su3, sm04, /nsm04
/n : Cancels the current transaction
/nxxxx : Initiates the specified transaction directly from another transaction
/o : Display an overview of sessions
/oxxxx : Initiates the specifies transaction in a new session
/nend : End the logon session with a confirmation pop-up window
/nex : End the logon session without a confirmation pop-up window
/i : Deletes your current session
su3 : Maintain users own data
sm04 : user list
/nsm04 : 

10. Role based user menu
Role based menu berisi kumpulan transaksi dan laporan yang terkait dengan peran yang diberikan pada user tersebut

11. Sebutkan tiga isi dari menu favorites
web, file, transaction

12. Isi dari status bar
warning & error

13. Status fild

Kamis, 16 Februari 2012

Rangkuman Unit 1

Lesson : SAP : the company

SAP company History
SAP founded in 1972 by Five Former IBM Employees, their are Hasso Plattner, Dietmar Hopp, Claus Wellenreuther, Klaus Tschira, and Hans-Werner Hektor - launch a company called SAP (System Analysis and Program Development)

An Exemplary corporate culture
New employees are introduced to the SAP world through special orientation event, trainee progras, and a mentoring concept that ensures each employee has practical guidance during this time. Since a team metality is highly valued at SAP, all employees can rely entirely on their colleague

Achievement orientation , creativity , and innovation
The SAP culture offers a large amount of personal freedom. This freedom motivates an inspires employees to develop and realize their ideas creative and innovative concepts are always welcom whithin the team and news ideas are supported

Training through personal development
SAP employees know they need to be able to react flexibly to changes, and their knowledge always has to be up to date.

Social engagement
As the leading global provider of enterprise software SAP has a resposibility to ensure that its business processes are smooth and tranperent. Howaver SAP dose just have responsibilities to its customer and partners but also to society in general

Corporate citizenship
SAP would like to play its part in the creation of a prdoductive and transperent environmen that is benefit to everyone SAP promotes partnerships and cooperation with all social organizations that also respect this goal, and is actively engaged in social, scientific, and cultural activities

Regional engagement
“promote development-seize future opportunities thourgh innovation. “ under this motto, SAP supports organizations and institute in the local area of its branch offices

Government Relations
We take seriosly our responsibilities as competent partner an adviser, as a thought leader, and development leader. SAP therefore supports national an international programs that are customer-friendly, fair, reliable , and based on a market economy

Sport Sponsorship
Speed, precision, and tangible result are reason behind SAP’s global leader ship ad provider of enterpries software


Lesson : Product Overview
Product
History of Enterprise Resource Planning (ERP) System

Pada tahun 1970an , SAP mengembangkan produk software yang dapat menangani proses data di waktu yang sebenarnya dan disimpan ke database pusat. Pada '80an, ERP menjadi standard software. Pesaing mulai terlihat di markerplace. Di '90an internet mulai tumbuh dengan cepat. Perusahaan baru mengembangkan aplikasi baru untuk internet dan "ekonomi baru" telah lahir. Dan pada 2000an E-Business didefinisikan sebagai perpanjangan ERP sofware. SAP menetapkan standar baru.

Product Overview
SAP offers a large palette of products for companies of all sizes. SAP provides scalable products that can be adjusted to the size and constanly changing processes of a company.

mySAP Solutions
mySAP Business Suite consists of individual SAP solutions. Each solution has its own focus area and provides functions to map this area in a flexible and comprehensive way. All solutions are based on SAP NetWeaver technology

Solutions and Components
To differentiate between solutions and components, solutions have the prefix mySAP and components have the prefix SAP

SAP NetWeaver
It delivers a complete, open, and flexible infrastructure that allows you too easily integrate SAP and non-SAP applications. Divided into four areas :
People Integration
Informational Intregation
Process Integration
Application Platform

SAP xApps
SAP xApps are a new breed of applications that enable you to drive improvements and innovations in your company more easily. With their ability to combine existing, heterogeneous systems to form cross-functional processes, SAP xApps bring people, information, and business processes together to make your company more dynamic and competitive. The characteristic are :
- Cross-functional
- Composite
- Cross-Systems
- Informational-driven

Introduction Lesson: Product Overview

1. Sejarah ERP system

Pada tahun 1970an , SAP mengembangkan produk software yang dapat menangani proses data di waktu yang sebenarnya dan disimpan ke database pusat. Pada '80an, ERP menjadi standard software. Pesaing mulai terlihat di markerplace. Di '90an internet mulai tumbuh dengan cepat. Perusahaan baru mengembangkan aplikasi baru untuk internet dan "ekonomi baru" telah lahir. Dan pada 2000an E-Business didefinisikan sebagai perpanjangan ERP sofware. SAP menetapkan standar baru.

2. Jelaskan 3 produk SAP untuk perusahaan besar , menengah , kecil

 * mySAP Business Suite mySAP ERP

Sudah memiliki ratusan customer yang merupakan korporasi di seluruh dunia. Merupakan full customise system, menggunakan bahasa pemrograman sendiri (ABAP).

* mySAP all-in-one

ukurannya untuk Perusahaan yang sedang tumbuh dan berkembang

*mySAP Business one

Sering disebut B1, merupakan produk paling ekonomis dari SAP. Dengan general modul yg bisa dipergunakan di semua jenis perusahaan, B1 memiliki keunggulan dengan adanya fondasi yang kuat, ditopang oleh flexibilitas program mengikuti business proses dari customer menggunakan Add On modul.

3. MySAP solution

 Each solutions has its own focus area and provides functions to map this area in a flexible and comprehensive way.

4. Component or Apllication

Components, however, represent SAP's technical view of software with an inside-out focus. Components are not the actual company solutions, simply the technical building blocks

5. Isi dari component

 SAP ERP central component, SAP enterprise Portals, SAP business Information warehouse, and SAP cutomer relationship Mnagement are technical parts of this solution

6. Membedakan SAP sebagai solution dan sebagai component

Solution memiliki awalan mySAP dan komponen memiliki awalan SAP

7. SAP NetWeaver Technology

 SAP's application and integration platform is the technical foundation for mySAP Business Suite and SAP xApps.

8. Sebutkan 4 area SAP NetWeaver

People Integration, Information Integration, Process Integration, Application Platform

9. SAP NetWeaver component

a.    mySAP ERP
b.    mySAP ERP Financial,
c.    mySAP ERP HCM,
d.    mySAP Business suite,
e.    mySAP CRM,
f.    mySAP PLC,
g.    mySAP SCM,
h.    mySAP SRM

10. Jelaskan MySAP ERP, mySAP ERP Financial, mySAP ERP HCM, mySAP Business suite, mySAP CRM, mySAP PLC, mySAP SCM, mySAP SRM

a.    mySAP ERP: is designed in such a way that companies can implement only the business fucntion they need when they need them, simplifying upgrades and reducingtotal cost of ownership
b.    mySAP ERP Financial : the aim of this solution is to a company’s founds effectively and, therefore, increase profitability in the long term
c.    mySAP ERP Human Capital Management : every company has employees they are important resources, and mySAP ERP HCM enable you to utilize hem effectively toward the success of your company.
d.    mySAP Business suite : provides this flexibility in a complate package of open, integrated solution for the entire value chain
e.    mySAP CRM : ia a solution that puts the customer first the customercan contact companies thourgh a number of communication channels
f.    mySAP PLC : this solutions offers fuction for productdevelopment, product safety, quality, and maintenance
g.    mySAP SCM : supply chain do not end at the warehouse doors. You can use mySAP SCM to plan and optimize supply chains across company boundaries
h.    mySAP SRM : employess can use this solution to provide procurement with information about demand directly from their work center quickly, easily, and effectively

11. Industri yg dilayani oleh SAP

otomotif, banking, chemical, healthcare, logistic service providers, mining, oil and gas, public sector, retail

12. Jelaskan SAP xApps

SAP xApps are a new breed application that enable you to drive improvements and innovations in company more easily, with their ability to combine exiting, heterogeneus system to from cross- fuctional processes, SAP xApps bring poeple, information and business processes together to make your company more dinamic and competitive, SAP increase the value of existing investment in the core business area and maximize he return in strategic assets, including employees, knowledge, products, business relationships, and information technology.

13. Karakteristik dari SAP xApps

a.    Cross-functional : SAP xApps can be implamented with a multitude of applications and information sourch
b.    Composite : SAP xApps execute flexible workflow and business processes independently of the underlying infrastructure.
c.    Cross-system : SAP xApps support a complex transfer of information(context, relevance), as well as the communication within the business itself, thereby simpliying the collaboration of working group
d.    Information-driven : SAP xApps enable intelegent processes that ara driven by decision-relavant business information


14. Contoh SAP xApps

a.    SAP xApps cost and quotation management (SAP xCQM)
b.    SAP xApps  Resource ang Portfolio Management (SAP RPM)
c.    SAP xApps product definition (SAP xPD)
d.    SAP xApps Emissions Management (SAP xEM)

15. Jelaskan MySAP all in one dan keuntungannya

mySAP all in one is a prepackaged, industry-spesific version of mySAP Business Suite with Built-in content, tools, and methodologies for a cost-efective ,
advantages :
a.    Rapid implementation and transparent costs : the software is implamented using a spesial implementation method  that is based on experience geined from more 15.000 cutomer installations in more 20 industries worlwide.
b.    Increased productivity and cost control : the comprehensive, preconfigured mySAP all-in-one industry solution integrate financials, human resources, logistic, and customer reationship
c.    Reliable partners : for several years, SAP’s technological know-how has been complemented by the industry knowladge of selected and qualified partners
d.    Scalability : the flexible and powerful system technology, which is also used in big enterprises, supports the growth of small an midsize companies

16. Jelaskan MySAP Business one dan keuntungannya

SAP business one is en easy-to-use business and oprational management solution for emerging and dinamic businesses ranging in size from 10 to several hundred employees, the solution is simple yet powerful, allowing an immediate and complete view of both,
The adventage:
a.    Rapd implementation :  SAP business on can be implemented within a few days and can be easily maintained, the solution is based on open technologies and be readily extended with special function, if required
b.    Lower costs : because it is cost effective, SAP business one offers a wide range of function for an intgrated data processing
c.    Increased productivity and cost control  : is simple an easy to understand user will quickly learn how to work with the system
d.    Sound business decisions : allows manager to quickly and effectively access strategic information from all eterprise areas and give the full control of relavant information and activities
e.    Scability : when a company grows, processes usually become more complex and software requirements change

17. SAP is a solution company

True , because business experience, strategy, an know-how are intangibles, which, bundled together with the vast falxibility, ingration, and customizing potential of SAP software

18. mySAP solution platforms are open and flexible

True , mySAP solution platform suppport databases, application, operating system, and hardware from almost every major vendor

19. all of the mySAP solutions are role based

True , because all of the processes within the SAP system are mapped back to user roles

Rangkuman Unit 2

SAP GUI adalah program standar untuk mengakses hampir semua solusi SAP

Bagaimana proses log on SAP ?
Step 1 : click on the shortcut icon SAP Log on from the desktop and the Log on pad will open
Step 2 : click on the Log on button
Step 3 : In the Initial Screen you have enter the Client code, Username, password and language if applicable.

lima cara untuk melakukan personalisasi user interface :
  • change the layout of the SAP Easy Access screen
  • Track your input history to provide input help
  • Display status messages in a pop-up window instead of the status bar
  • Set preferences for how data displays
  • Adjust the color and behavior of the screens and fields
The SAP Easy screen is default initial screen in SAP System. The left side of the screen contains a tree hierarchy of the menus available to you in the SAP system

Beda antara SAP standard menu dengan role based menu :
Menu standar SAP berisi daftar lengkap semua transaksi dan laporan yang tersedia oleh SAP.  Role based menu berisi kumpulan transaksi dan laporan yang terkait dengan peran yang diberikan pada user tersebut

bentuk Help dalam SAP system
membantu pengguna SAP dalam pencarian definisi dengan menggunakan F1, dan untuk membantu dalam pencarian alternatif jawaban dengan menggunaka F4

Kamis, 09 Februari 2012

PT Astra Internasional Tbk

PT Astra International Tbk (IDX: ASII) atau lebih dikenal dengan Astra Group adalah salah satu kelompok bisnis terbesar di Indonesia, yang didirikan sejak tanggal 20 Februari 1957. Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990. Saat ini mayoritas kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jardine Cycle & Carriage Singapura.

Divisi Usaha dan Anak Perusahaan

 Otomotif
PT Toyota Astra Motor sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk Toyota dan Lexus di Indonesia
Auto 2000 sebagai salah satu Dealer Utama Toyota di Indonesia
PT Astra Daihatsu Motor sebagai ATPM Daihatsu di Indonesia
PT Pantja Motor sebagai ATPM Isuzu di Indonesia
PT Astra Nissan Diesel Indonesia sebagai ATPM Truk Nissan Diesel di Indonesia
PT Tjahja Sakti Motor sebagai ATPM BMW dan Peugeot di Indonesia
PT Serasi Autoraya atau biasa dikenal dengan TRAC
Mobil 88
PT Astra Honda Motor sebagai ATPM motor bermerk Honda
PT Astra Otoparts Tbk
 Agro industri
PT Astra Agro Lestari Tbk
Pelayanan Finansial
PT Astra Credit Company atau biasa dikenal dengan ACC
PT Toyota Astra Financial Services
PT Asuransi Astra Buana dengan salah satu produk terkenalnya adalah Garda Oto
PT Federal International Finance
PT Surya Artha Nusantara Finance
PT PermataBank
Alat-alat Berat
PT United Tractors Tbk (juga sebagai ATPM Scania di indonesia)
PT Traktor Nusantara
PT Pamapersada Nusantara
Teknologi Informasi
PT Astragraphia Tbk
PT SCS Astragraphia Technologies
 Infrastruktur
PT Astratel Nusantara
PT Intertel Nusaperdana

 

Astra Internasional menggunakan SAP

PT Astra International Tbk
atau lebih dikenal dengan Astra Group adalah salah satu kelompok bisnis terbesar diIndonesia , yang didirikan sejak tanggal 20 Februari 1957. Perusahaan ini telah tercatat diBursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990. Saat ini mayoritas kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Jardine Cycle & Carriage Singapura.
Meningkatkan Kinerja HRD - PT. Astra International Tbk.

PT. Astra International Tbk berhasil mengimplementasikan SAP – ESSA ( Employee self Service Application) sukses meningkatkan effisiensi internal dan memberikan dampak terhadap kinerja perusahaan.
Proses Implementasi SAP-ESSA mencakup mulai dari Personnal data karyawan sampai dengan payroll system, implementasi ini direview langsung oleh PT. Astra Grapia sebagai implementor yang diketuai oleh Project Manager Bapak Hencky Yahya dan dibawah pengawasan Bapak. Bambang Patrap Yakin – Deputy Chief A-Sol, PT. Astra Graphia.


Selasa, 07 Februari 2012

Rangkuman Manajemen Pemasaran

  1. INTRODUCTION
  2. COMPANY & MARKETING STRATEGY
  3. MARKETING ENVIRONMENT & MIS CUSTOMER SATISFACTION
  4. CUSTOMER LOYALTY & CRM CONSUMER MARKET BEHAVIOR
  5. BUSSINESS MARKETS BEHAVIOR
  6. SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING
  7. PRODUCT
  8. PRODUCT (SERVICE)
  9. PLC
  10. PRICE
  11. PLACE
  12. MARKETING PLAN
  13. PROMOTION

Rangkuman Manajemen Operasi

  1. Operations and Supply Chain Manajemen Introduction
  2. Quality and Quality Manajement
  3. Process Capability and Statistical Process Control
  4. Designing Products
  5. Designing Services
  6. Process Design and Technology Decisions
  7. Capacity and Facilities Planning
  8. HR in Operations Management
  9. Managing Projects
  10. Strategic Supply Chain Management and Design
  11. Supply Chain Procurement and Distribution Globalization
  12. Forecasting
  13. Role of Inventory Management
  14. Aggregate Sales and Operations Planning
  15. Resource Planning Systems
  16. Lean System Methods
  17. Scheduling

Rangkuman Manajemen Sumber Daya Manusia

  1. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia (Introduction to Human Resource Manajement)
  2. Lingkungan Manajemen Sumber Daya Manusia (The environment of Human Resource Manajement)
  3. Perencanaan Sumber Daya Manusia (Human Resource Planning)
  4. Analisis Jabatan (Job Analysis)
  5. Rekruitmen dan Seleksi Karyawan (Orientation and Employee Selection)
  6. Penilaian Kinerja (Performance Appraisal)
  7. Manajemen Karir (Career Manajement)
  8. Kompensasi (Compensation)
  9. Pengintegrasian (Integration)
  10. Pemeliharan Karyawan (Maintenance)
  11. Pemberhentian Karyawan (Separation)

Rangkuman Manajemen Keuangan

  1. ANALISIS RASIO KEUANGAN (FINANCIAL ANALYSIS RATIO)
  2. ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA (FUND STATEMENT ANALYSIS)
  3. ANALISIS BEP (BREAK EVEN ANALYSIS) & ANALISIS LEVERAGE (LEVERAGE ANALYSIS)
  4. MANAJEMEN PIUTANG (ACCOUNT RECEIVABLE MANAJEMEN )
  5. MANAJEMEN KAS & SURAT BERHARGA (CASH MANAJEMEN & MARKETABLE SECURITIES)
  6. MANAJEMEN PERSEDIAAN (INVENTORY MANAJEMENT)
  7. MODAL KERJA (WORKING CAPITAL)
  8. PEMBIAYAAN JANGKA PENDEK (SHORT TERM FINANCE)
  9. NILAI WAKTU DARI UANG (TIME VALUE OF MONEY) 

Rangkuman Pengantar Manajemen

  1. Manajemen Dan Manajer
  2. Evolusi Teori Manajemen 
  3. Organisasi Dan Lingkungannya
  4. Manajemen Global dan Bisnis Global
  5. Etika Manajemen dan Tanggungjawab Sosial
  6. Planning (Perencanaan)
  7. Informasi dan Pengambilan Keputusan
  8. Organizing
  9. Human Resource Manajemen 
  10. Leading (Kepemimpinan)
  11. Motivasi
  12. Komunikasi
  13. Pengendalian (Controlling)
  14. Pengambilan Keputusan oleh Panitia dan Kelompok

Rangkuman Pengantar Bisnis

1. Perusahaan Dalam Sistem Ekonomi
2. Lingkungan Perusahaan
3. Bentuk-bentuk Pemilikan Perusahaan 
4. Usaha Kecil dan Kewirausahaan
5. Manajemen dan Organisasi
6. Manajemen Sumberdaya Manusia
7. Manjemen Produksi
8. Manajemen Pemasaran
9. Manajemen Keuangan
10. Alat-alat Manajemen
11. Bisnis Internasional